7 Contoh mainan edukatif buatan sendiri

7 Contoh mainan edukatif buatan sendiri

mainan edukatif buatan sendiri
mainan edukatif buatan sendiri

Orang tua mana yang tidak bahagia melihat anaknya selalu ceria dan sehat ??? Tentunya anak yang ceria dan sehat akan membuat orang tua sangat bahagia. Nah, Seringkali anak-anak sedih dan tidak ceria karena tidak diperbolehkan bermain sesuatu yang disukainya. Terkadang mereka  suka bermain mainan yang menurut orang tua berbahaya, demi kebaikan anak akhirnya anak tidak boleh memainkan mainan itu, dan seringkali membuat anak-anak sedih. Simak disini cara membuat mainan edukatif buatan sendiri

Mainan edukatif tidak harus beli dengan harga mahal. Kita bisa membuat mainan sendiri dengan barang di sekitar kita. Selain tidak mengeluarkan biaya besar, membuat mainan sendiri juga memiliki manfaat untuk mengasah kreativitas anak. Berikut ini mainan edukatif yang bisa anda buat bersama si kecil di rumah.

Bermain bentuk dengan batang korek api

Cara sederhana untuk mengenalkan konsep bentuk secara langsung, salah satunya dengan menggunakan batang korek api ataupun tusuk gigi. Supaya terlihat lebih menarik, celupkan bahan-bahan tersebut ke cat warna yang berbeda. Ajak mereka membuat bentuk yang sesuai dengan kreasinya. Jangan lupa, tetap mendampingi mereka saat membentuk kreasi yang diinginkan. Misalnya, memperkenalkan anak mengenai beberapa bentuk bangun datar dan bangun ruang seperti  persegi, segitiga, layang-layang, belah ketupat, prisma, kubus, balok, limas, dan sebagainya.

Bermain hitung menggunakan kelereng

Alat permainan edukatif tradisional ini telah ada sejak dulu, bentuknya yang mungil dan warna-warni membuat semua orang ingin memainkannya. Jangan salah, selain untuk bermain, kelereng ini bisa digunakan untuk belajar berhitung yang menyenangkan. Cara memainkannya mudah, ajaklah anak menghias semua kelereng. Bebaskan mereka untuk mewarnai kelereng dengan warna yang mereka inginkan. Setelah itu ajak anak menghitung jumlah kelereng berdasarkan warnanya dan dimasukan ke dalam wadah.

Bermain dengan potongan kertas

Kertas bekas yang sudah tidak terpakai jangan dibuang. Ajak anak untuk berkreasi dengan kertas itu. Agar terlihat menarik, warnai kertas bekas tersebut dengan warna yang berbeda. Setelah kertas berubah warna seperti baru, saatnya uji kreativitas dengan membuat bentuk yang diinginkan.

Bermain warna

Ajak anak untuk melukis dengan jari jemarinya. Biarkan anak berkreasi sesuka hati. Alat yang dibutuhkan sangat sederhana, cuma buku gambar serta satu set cat air. Dengan bermain warna, anak diasah berimajinasi membuat bentuk dan mengenal warna.

Membuat mainan sendiri di rumah memang menyenangkan dan tidak mengeluarkan biaya yang besar. Namun, tetap dampingi dan ajari anak  saat bermain.

Sumber : http://www.mustikacendekia.com/blog/mainan-edukatif-buatan-sendiri/