Manfaat Bermain di Luar Rumah Bagi Anak

Manfaat Bermain di Luar Rumah Bagi Anak. Semakin maju zaman tampaknya semakin terbatas permainan untuk anak-anak. Anak-anak semakin jarang bermain di luar rumah bersama dengan teman-temannya dan mengeksplor dirinya. Pemandangan yang mungkin sering Anda lihat sekarang adalah anak-anak bermain di dalam rumah bersama gadget-nya.

Lalu apa saja manfaat bermain di luar rumah bagi anak? Berikut akan kami paparkan beberapa manfaat bermain di luar rumah bagi anak…

1. Meningkatkan Nilai Akademik Anak

Banyak orangtua berpikir bahwa kecerdasan anak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik. Padahal banyak cara untuk bisa merangsang kecerdasan anak, salah satunya dengan mengajak anak bermain di luar ruangan.

Peneliti mengatakan, aktivitas fisik dan kebugaran di luar ruangan baik untuk perkembangan dan fungsi otak mereka. Bahkan, berolah raga sebelum, selama, dan setelah bersekolah dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bersaing secara akademik di sekolahnya.

2. Mendukung Pertumbuhan Tulang Anak

Bermain di luar rumah dapat menjadi kesempatan anak untuk menerima sinar matahari. Dimana sinar matahari membantu meningkatkan vitamin D pada tubuh yang baik untuk pertumbuhan tulang anak. Ini merupakan manfaat yang tidak bisa anak terima jika hanya bermain di dalam rumah. Membiarkan anak bermain di luar rumah dan terpapar sinar matahari selama 10-15 menit saja sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin D untuk pertumbuhan tulangnya.

Produsen APE dan Playground_42
Manfaat bermain di luar rumah bagi anak dengan Playground

3. Mendorong Anak Untuk Berolahraga

Banyak aktivitas yang bisa anak lakukan di luar rumah. Ruang yang luas tidak membatasi anak untuk melakukan apa saja, seperti berlari, melompat, bersepeda, dan lainnya. Secara tak sadar, ini juga merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan untuk anak. Hal ini tentu dapat membuat anak lebih aktif bergerak dan meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan.

4. Mencegah Kegemukan Bagi Anak

Mendorong anak-anak bermain di luar rumah dapat meningkatkan tingkat aktivitas fisik anak dan mengurangi risiko kelebihan berat badan. Obesitas pada anak akan menempatkan risiko penyakit termasuk diabetes dan penyakit jantung ketika dewasa. Risiko obesitas pada anak-anak meningkat beberapa tahun belakangan ini karena terkait kurangnya aktivitas anak di luar ruangan dan anak menghabiskan waktunya untuk duduk menonton TV atau bermain game.

5. Bagus Untuk Penglihatan Anak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Cambridge University, Inggris. Kegiatan di luar ruangan dapat mencegah anak-anak terkena rabun jauh. Apalagi, pada usia anak-anak, mereka perlu fokus melihat objek yang lebih jauh. Dengan paparan cahaya alami ketika mereka berada di luar rumah maka penglihatan mereka akan meningkat.

Luncuran Fiber 2,5 m
Manfaat bermain di luar rumah bagi anak dengan bermain luncuran

6. Meningkatkan Sosialisasi

Saat anak bermain di luar dan bertemu dengan teman sebayanya, mereka akan belajar banyak hal. Bermain di luar dengan teman sebaya memungkinkan anak mengembangkan kemampuan problemsolving dan keahlian untuk bekerjasama dengan orang lain. Dalam area bermain misalnya, tidak semua anak bisa bermain perosotan sebagai yang pertama. Fakta bahwa anak-anak bisa bernegosiasi diantara mereka sendiri bisa meningkatkan kemampuan sosialnya, fungsi eksekutif, serta kemampuan berperilaku. Bukan hanya bermain bersama, saat bermain sendirian di luar pun anak dapat meningkatkan keterampilan sosialnya. Pengalaman bermain di luar sendirian dapat meningkatkan kewaspadaan dan disiplin diri. Kedua kemampuan ini adalah keterampilan penunjang untuk mengembangkan hubungan interpersonal anak kelak kemudian hari.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Berbagai data menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh kita akan berfungsi dengan baik ketika kita terpapar mikroba, organisme, dan juga keanekaragaman pola makan dan lingkungan. Paparan tersebut bisa melalui saluran pencernaan, hidung, atau sistem pernapasan. Itu sebabnya, Mama perlu membiarkan anak bermain kotor-kotoran di luar ruangan. Karena paparan terhadap organisme yang beranekaragaman pada tumbuhan, tanah, tanaman, dan lain sebagainya, memengaruhi penurunan alergi.

waterboom
Manfaat bermain di luar rumah bagi anak dengan waterboom

8. Memperbaiki Mood dan Mengatasi Stres Anak

Jika anak tengah rewel, sering menggerutu, dan mudah mengamuk, mengajaknya ke luar ruangan dan mendapat sinar matahari juga dapat memperbaiki suasana hatinya. Bisa jadi, inilah alasan para orang tua zaman dahulu menyuruh anaknya bermain di luar saat sering berbuat ulah di dalam rumah. Ketika tahun ajaran sekolah dimulai, ajaklah anak-anak beraktivitas di luar ruangan setiap akhir pekan. Penelitian menunjukkan, aktivitas luar ruangan terutama di alam dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres.

9. Merangsang Kreativitas dan Kemandirian Anak

Saat anak bermain di ruangan terbuka, mereka belajar untuk melakukan hal-hal secara spontan dan independen untuk menghibur diri sendiri tanpa selalu mengandalkan orang dewasa. Misalnya, saat di halaman dan melihat batu, kayu, atau daun, mereka akan berpikir bagaimana caranya memanfaatkan benda-benda tersebut untuk bermain. Permainan yang dimainkan pun bisa beraneka ragam, tergantung kemampuan kognitif dan emosional anak.

Berdasarkan penelitian, permainan yang tak terstruktur, seperti bermain apa saja di alam, sangat mengasah kreativitas, imajinasi, dan inovasi anak sejak dini. Hasilnya, kelak anak yang banyak bermain di luar akan semakin kaya akan pemikiran yang bebas, penuh inisiatif, tidak takut mengambil risiko, dan terlatih dalam memecahkan masalah.

10. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Anak-anak yang terlalu sering bermain di dalam ruangan cenderung pendiam dan pasif. Sementara sebaliknya, anak-anak yang memiliki banyak kesempatan bermain di luar relatif mengalami kemajuan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik. Ini disebabkan, anak yang bermain di luar bermanfaat memiliki kesempatan yang lebih besar untuk melatih kemampuan bahasanya.

Setidaknya, ia harus mengutarakan keinginannya pada orang lain saat berada di luar rumah. Terutama pada anak laki-laki, mereka cenderung menemukan ‘katakata’-nya dari luar ruangan ketimbang mempelajarinya dari orang tua di rumah. Agar anak tak lambat bicara, ajak anak untuk sering bermain di luar dan bertemu dengan banyak orang serta teman sebaya.

Ayunan Kotak Kanopi Jumbo
Manfaat bermain di luar rumah bagi anak dengan Ayunan Kotak Kanopi Jumbo

11. Mendekatkan Anak dengan Lingkungan Sekitarnya

Manfaat bermain di luar rumah bagi anak yang terakhir adalah Anak-anak usia dini dapat mengenal identitas anak lainnya tanpa perkenalan formal terlebih dahulu. Bahkan anak dapat langsung bermain tanpa tahu nama masing-masing. Seiring waktu, mereka akan mengetahui nama, orang tua atau orang dewasa yang mendapingi temannya bermain, serta tempat tinggalnya. Manfaat bermain di luar rumah ini, selit diperoleh jika anak bermain sendiri di dalam rumah. Anak juga menjadi tahu letak dan posisi taman bermain. Kenal dengan para tetangga dan orang-orang yang tinggal di sekitar tempat ia bermain.